Berapa ukuran bendera kita?

Tadi sore ketika melintas di depan Bank BNI – Taman Sari, sekilas saya melihat seseorang hendak membeli bendera merah-putih. Memang sekarang musimnya orang pasang bendera, seminggu lagi adalah peringatan Kemerdekaan RI.
Yang membuat saya berpikir adalah pada saat hendak membeli, ia mengukur bendera itu terlebih dahulu dengan menggunakan jarinya. Berapa jengkal lebar, berapa jengkal panjang. Seolah ia hendak memastikan berapa rasio panjang lebar bendera merah putih yang hendak ia beli. Yang membuat saya lebih takjub lagi adalah, yang membeli itu beretnis Cina. Sebuah etnis yang bagi kebanyakan orang dan juga penguasa sebelumnya, dipinggirkan, alias warga negara kelas dua. Mereka dulu tidak dianggap sebagai salah satu suku bangsa Indonesia, seperti diakuinya suku Jawa, Sunda, Batak, Dayak dan sebagainya.

Hayo, siapa di antara Anda yang masih ingat ukuran resmi bendera Merah Putih? Terus terang, kalau saya dari dulu tidak tahu dan tidak berusaha mencari tahu. Peristiwa itu membuat saya berusaha untuk mencari tahu berapa sih ukuran bendera kita. Setelah googling, akhirnya saya menemukan link berikut. Isinya disebutkan bahwa menurut PERPU No. 40 Tahun 1950, ukuran bendera merah putih adalah 30 x 20 cm (ukuran minimal) dan 300 x 200 cm (ukuran maksimal).

Ah, akhirnya puas juga setelah tahu. Terima kasih, Ci telah mengingatkan saya.

About these ads

13 responses to “Berapa ukuran bendera kita?

  1. assalamu;alaikum kang firman,
    perasaan mah da pengamatan oge rada pagian teh list burungnya teh asa ngga beda. paling pagi pengamatan jam 6.30 hehe…oia, eta si jalak putih ngga ada. udah beberapa kali pengamatan ngga keliatan. Apa hijrah ke BATAN gituh? manawi kang firman uninga?

  2. Waaa, saya malah sampai lupa pasang bendera di depan rumah, padahal di kantor saya sudah suruh ob untuk beli dan di pasang di depan kantor … duh, kantor ingat rumah sendiri malah nggak :))

    Salam kenal :)

  3. thx yaa.. ngebantu banget buat pelantikan paskib besok.. :)

  4. Thx bgt informasinya, Sangat membantu wat prsiapan seleksi paskib bsok.

  5. ha..ha baex narR nhe Orggg_!!!!
    thankssss yheeeee!!

  6. thx…bro as me good luck

  7. Makasih banget y a info x

  8. Berapa Ukuran Bndera Kabupaten , Provinsi , Nasional ? Dan Berserta Ukuran Tiang Bndera dan talinya ?? Plizz . ,

  9. Bendera harus selalu dihargai,disimpan ditempat yg baik,

  10. berapa tinggi dan lebar tiang bendera nya ?

  11. Klo tw brp tinggi n lebar tiang bndera merah putih, informasiin yah !!
    :’)

  12. makasih ya…. informai bendera pusakanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s