Konversi data vektor ke raster

GRASS GIS, sebuah perangkat lunak open source remote sensing / GIS, adalah perangkat lunak andalan saya dalam melakukan proses konversi data dari vektor ke raster. Mengapa? Karena GRASS GIS dapat diandalkan dalam cleaning topology. Seringkali kita mendapatkan data vektor yang tidak jelas asal-usulnya, tidak jelas pula topologinya. Kalau begini, kadang-kadang (atau sering), saat kita menghitung luas kelas lahan tertentu misalnya, luas total obyeknya akan lebih besar dari luas wilayah sebenarnya. Nah, di sinilah GRASS GIS bisa menjadi pahlawan bertopeng, penolong untuk mempercepat proses analisis :D .

Setelah bertahun-tahun menggunakan prosedur yang sama, saya rasa GRASS GIS amat mumpuni, akhirnya saya menghadapi masalah yang sulit diselesaikan ketika harus mengolah data vektor satu Pulau Sumatera. Proses konversi data vektor ke raster selalu berhenti pada saat impor data vektor. Perlu diketahui, data vektor (misalnya, format ESRI Shapefiles), agar dapat digunakan oleh GRASS GIS, harus diimpor terlebih dahulu. Pada saat impor, GRASS GIS otomatis melakukan pembangunan topologi. Apabila data vektor sudah memiliki topologi yang baik dan benar, maka proses konversi vektor dapat dilakukan.

Karena proses impor ini selalu tidak pernah selesai akhirnya saya pun menyerah dan mencoba perangkat lunak yang lain. Saya gunakan ‘adiknya’ GRASS GIS, yaitu Quantum GIS. Di dalam perangkat lunak ini, ada fungsi yang dapat melakukan konversi data vektor ke raster. Fungsi ini dapat dijalankan dengan memilih menu Raster -> Conversion -> Rasterize (Vector to raster). Bagaimana caranya ?

Beginilah cara :

1. Pilih menu Raster -> Conversion -> Raterize (Vector to raster)
2. Pilih nama file SHP yang akan dikonversi.
3. Pilih kolom atribut yang akan digunakan, gunakan kolom dengan tipe data integer.
4. Tentukan nama file raster yang akan dibuat.
5. Centang New size, apabila akan membuat file raster baru.
6. Gunakan ukuran width dan height default yang ada. Kita harus menyesuaikan ukuran piksel nanti, sesuai dengan data yang digunakan.
Isikan pilihan seperti terlihat pada gambar

Isian tersebut kurang lebih seperti terlihat pada gambar berikut :

Proses ini akan mengubah vektor Landuse menjadi raster seperti pada gambar

2 responses to “Konversi data vektor ke raster

  1. Salam, apakah dapat membantu saya merubah 1 file shp menjadi file raster?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s