Ah, Nikmatnya Pakai Xandros

Warnet menggunakan Linux? Kondisi ini jarang kita temukan pada tahun-tahun ke belakang. Kebanyakan warnet dahulu menggunakan Windows bajakan. Walaupun dengan resiko akan digrebek polisi, namun mereka tetap ‘keukeuh’ untuk tetap menggunakan sistem operasi yang diperoleh secara ilegal. ‘Demi kenyamanan pengguna warnet kami’, demikian alasan yang sering dikemukakan oleh para pengelola warnet.

Namun, kondisinya berbeda kini. Razia perangkat lunak bajakan yang gencar dilakukan oleh aparat kepolisian, membuat kebanyakan pemilik warnet ketar-ketir. Akibatnya sempat kita temui selama beberapa hari, warnet yang biasa dikunjungi oleh para netter tutup. Mereka coba untuk menunggu hingga ’serangan razia’ reda dan akan buka kembali seperti semula. Yang terjadi ternyata jauh dari apa yang mereka harapkan. Akhirnya daripada harus merugi karena tidak ada lagi pemasukan dari pelanggan, mereka buka kembali setelah sekian lama begadang melakukan instalasi perangkat lunak bebas (open source) di komputernya.

 Para pengguna warnet sempat merasa kikuk kala menggunakan sistem operasi yang mereka anggap kuno itu. Walaupun tampilannya sudah sedap dipandang, seperti Xandros yang sekarang sedang saya gunakan ini, ada beberapa prosedur dan mekanisme yang berbeda. Seperti dalam klasifikasi folder. Pada GNU/Linux, pengguna biasa hanya dapat menyimpan file di folder home. Contoh lain adalah apa yang dikenal dengan istilah mounting. Proses inilah yang menangani perangkat keras baru yang terdeteksi pada komputer, seperti flash disk. Dengan proses ini, flash disk dianggap sebagai file dan biasanya diletakkan di sub direktori /media atau /mnt, tergantung dari distro yang digunakan.

Dengan menggunakan GNU/Linux sebagai sistem operasi, pengelola warnet kini dapat merasa lega. Apa yang dikhawatirkan oleh mereka bahwa para pengguna akan beralih ke lain tempat, ternyata tidak terbukti. Mau pindah ke tempat lain bagaimana, lha wong tempat lain juga pakai GNU/Linux? Dan lagi, menggunakan GNU/Linux tidak sesulit yang kita bayangkan sebelumnya.

Kini kita dapat surfing di dunia internet dengan nyaman. Nyaman karena perangkat lunak yang digunakan legal, tidak perlu takut kegiatan berselancar kita terganggu karena adanya razia polisi. Juga tenang karena amat sedikit GNU/Linux yang hang pada saat terlalu banyak proses yang dilakukan olehnya. Demikian banyak proses yang dilakukan oleh para netter, seperti chatting dengan Yahoo Messenger atau Gaim, browsing dengan Mozilla Firefox, kirim email dengan Thunderbird, hingga mengetik dengan menggunakan OpenOffice. Ahh…nikmatnya pakai Xandros. Seperti sekarang ini…..

2 responses to “Ah, Nikmatnya Pakai Xandros

  1. punten mas…
    mo nanya nih…kalo mau pake yahoo messanger di xandros pake program apa ya????saya coba kopete…udah bisa…cuman gak bisa join ke room..
    mohon bantuannya…trimakasih

  2. mo nanya nih…kalo mau pake yahoo messanger di xandros pake program apa ya????saya coba kopete…udah bisa…cuman gak bisa join ke room..

    sama mass aku juga gitu.. maklum mass di saya user kebanyakan ngak tau linux….mahon juga saya di kasih tauu caranya….. baru migrasi dari win xp ke linux xandros v 3.0
    warnetsukabumi jawa barat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s