Fauzan, iBook dan GCompris

fauzan_ibookFauzan adalah anakku.

iBook adalah salah satu komputer portabel keluaran Apple.

GCompris adalah program edukasi yang ada di Debian, distro GNU/Linux.

screensaver

 

Entah apa yang telah saya lakukan ini benar atau tidak menurut ahli pendidikan anak. Yang jelas, semenjak usia 6 bulan, anak saya telah kenal komputer. Pada usia itu, kami masih berkutat dengan penulisan tesis. Kami bergilir mengasuh Fauzan, dan kadang-kadang kami hibur ia dengan screensaver Debian.

 

Sejak itulah Fauzan akrab dengan komputer. Yang terasa kini, setiap hari ia harus pegang komputer. Di satu sisi ini negatif karena ia banyak terpapar radiasi dari monitor. Di sisi lain, banyak manfaat yang diperolehnya. Dengan bermain GCompris ia mampu mengenal kibor dan kemampuan spasialnya terasah dengan baik. Ia tahu dimana harus mencari huruf A, B dan huruf lainnya. Ia paham bahwa angka itu ada di bagian atas kibor.

 

Dengan GCompris juga ia mengenal warna, bentuk dan bahasa. Kami sempat kaget juga ketika ia dapat menjawab seratus persen sebuah permainan dimana program menyebutkan salah satu alfabet dalam bahasa Inggris dan menampilkan secara visual dua huruf. Padahal kami hanya mengenalkan alfabet dalam bahasa Indonesia dan juga hanya mengenalkan huruf kapital saja. Ternyata dengan GCompris ia dapat belajar huruf kecil dan pelafalannya dalam bahasa Inggris sekaligus.

Kini, Fauzan sudah hafal alfabet baik kapital atau bukan, pelafalannya dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris serta sudah mampu berhitung dari satu hingga sepuluh, juga dalam dua bahasa itu. Kami tidak pernah memaksakan ia untuk memiliki kemampuan baca-tulis dalam usia dini, tetapi kami memang senang bermain dengan huruf dan angka bersama Fauzan.

 

 

 

One response to “Fauzan, iBook dan GCompris

  1. Sekali-kali kita naik gunung bareng yuks, bareng fauzan.
    Biar lebih cinta keindahan original…. daripada yg artifisial-2 di computer.😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s