Instalasi GRASS 6.2 di Mac OS X

Pagi ini aku membuka website GRASS.
Cukup surprise juga melihat sudah ada versi stabil GRASS 6.2, serta lengkap untuk beragam OS:
GNU/Linux, Mac OS X dan Windows.

Yang pertama kali aku coba adalah instalasi untuk Mac OS X karena biasanya proses instalasi di OS yang satu ini cukup mudah,
lebih mudah dibandingkan Windows, malah.

Pertama, buka halaman web http://grass.itc.it/grass62/binary/macosx/ atau langsung saja ke http://www.kyngchaos.com/software/unixport/grass/

Kedua, download file biner di http://www.kyngchaos.com/files/software/unixport/GRASS.app-6.2.0-1.dmg

Ketiga, download semua framework yang dibutuhkan. Memang lebih mudah mendownload file AllFrameworks.dmg yang tersedia,
namun kadang-kadang salah satu framework tidak up-to-date. Oleh karena itu, download semua framework yang dibutuhkan, satu per satu
di http://www.kyngchaos.com/software/unixport/frameworks

Keempat, proses instalasi dimulai dengan melakukan instalasi frameworks Xerces, SQLite3, FFTW3, FreeType, UnixImageIO,
GD, PDFLib, PROJ, GEOS, GDAL dan MrSID plugin. Setelah semua frameworks terinstal, baru instalasi GRASS 6.2.
Proses instalasi frameworks dilakukan dengan mengklik dua kali file berekstensi .pkg. Lakukan proses seperti yang nampak di layar Anda.

Untuk instalasi GRASS 6.2 cukup dilakukan dengan mengklik dua kali file dmg, copy file aplikasi GRASS ke folder Application. Hanya itu saja.

Berikut ini skrinsot GRASS 6.2.

grass 6.2

3 responses to “Instalasi GRASS 6.2 di Mac OS X

  1. Pernah install di linux bos ? sharing dong kalu dah pernah !!

  2. hadiyah Rahmawati

    asalamu ‘alaikum…
    mas,saya mahasiswa universitas trunojoyo madura semester akhir. saat ini saya akan mengambil tugas akhir dan judul yang saya rencanakan adalah seputar SIG. Saya ingin minta tolong mas,kira2 software SIG apa yang bisa jalan di linux…??? soalnya saya pingn, Semua software yang saya gunakan nanti sifatnya open source. Mhn Dibalas di Email saya & Trimakasih

  3. Mbak Hadiyah, emailnya salah.. bouncing back

Tinggalkan Balasan

