Narita, Tokyo, first arrival in Japan

0850 Local time

Pertama kali ke Jepang.
Terbang malam hari jam 2345 waktu Jakarta.
Selama perjalanan saya tidur lelap sekali walaupun agak pegal-pegal leher.
Bangun pagi, lebih tepatnya dibangunkan oleh Pak Baba Barus.
Wuah… sudah terang rupanya, seperti sudah sekitar 6 enam pagi.
Saya dibangunkan karena Mbak Pramugari akan membagikan handuk basah panas untuk cuci muka.
Setelah cuci muka, cukup segar juga rupanya. Saya tayamum dan shalat shubuh.

Bagi sebagian orang, melakukan perjalanan dengan jarak yang cukup jauh seringkali kebingungan
soal waktu shalat. Yang menjadi masalah adalah apakah harus mengikuti waktu lokal atau waktu
dimana kita berangkat. Ada dua pendapat dalam hal ini. Sebagian ulama berpendapat untuk mengikuti
waktu lokal dan sebagian lagi mengatakan untuk mengikuti waktu shalat maqam kita.

Saya cenderung untuk mengikuti pendapat yang kedua, bila kita pada waktu masuk shalat tersebut
masih berada di pesawat. Jadi kalaupun waktu lokal sudah menunjukkan pukul 6 pagi, di Bandung, tempat
tinggal saya masih pukul 4 pagi, masih belum waktunya shalat subuh.

Setelah saya selesai shalat, Mbak Pramugari menyuguhi kami jus jeruk.
Wah, lumayan nih supaya badan jadi segar. Setelah cuci muka, minum yang segar-segar.

Sepuluh menit kemudian, Si Mbak ini kembali membawakan makanan, kali ini makan pagi.
Ada dua pilihan yaitu omelet (plus sosis, kentang, sedikit sayuran) dan nasi.
Mmmmhhh, sempat terpikir juga untuk menolak makan pagi, hanya meminta kopi.
Tapi setelah berpikir lagi, perut harus diisi karena suhu di darat bisa mencapai 4 derajat Celcius.
Kopi nampaknya tidak cukup mengandung kalori untuk tubuh ini menahan dinginnya cuaca.
Yah, akhirnya walaupun dengan perut yang masih belum lapar, saya memilih untuk makan omelet.

Pukul 0840 akhirnya kami mendarat dengan selamat di Narita.
Beberapa saat sebelum mendarat saya sempat mengambil beberapa gambar dari kabin pesawat
dengan kamera digital.

One response to “Narita, Tokyo, first arrival in Japan

  1. mana atuh poto-poto na?

Tinggalkan Balasan

