Islam Kaaffah, betapa susahnya

Pernah ada seorang teman mengatakan pada saya bahwa dia adalah seorang vegetarian, tapi makan ikan dan telor. Lho? Tidak konsisten dong. Sidik punya selidik ternyata dia hanya menjaga dirinya dari makan daging yang (mungkin) dipotong tanpa menyebut nama Allah. Istilah kerennya dia berusaha menghindari makanan yang syubhat (tidak jelas).

Alasannya dapat saya terima. Logis. Lalu bagaimana dengan orang yang menolak makan babi tanpa minum minuman beralkohol? Di satu sisi menolak makanan yang haram, di sisi lain meminum minuman yang haram. Atau orang yang tidak makan dan minum yang haram tetapi menerima uang suap. Atau menilep uang orang lain.

Seringkali kita tidak sadar melakukan hal yang dilarang atau sadar tetapi dengan sengaja tidak peduli akan adanya larangan tersebut. Seolah-olah bahwa perbuatan yang dilarang oleh Allah tersebut tidak akan berdampak apa-apa. Memang akibat dari perbuatan itu tidak akan langsung kita terima. Seperti janji Allah bahwa umat Nabi Muhammad SAW tidak akan mengalami nasib seperti umat-umat terdahulu. Dimana perbuatan mereka yang melampaui batas akan langsung dihukum oleh Allah di dunia. Seperti kaum Aad, Tsamud, kaum Luth.

Selama ini kita belum menjalankan Islam secara menyeluruh (kaaffah). Kita masih menerima sebagian wahyu Allah dan menolak sebagian yang lain karena tidak sesuai dengan nafsu kita. Sebuah sikap yang seharusnya kita buang jauh-jauh. Kita harus konsekuen dengan apa yang kita pilih. Islam adalah pilihan kita, sudah seharusnya kita menerima apa yang diwajibkan dan apa yang dilarang.

Ahh, serasa sulit untuk menjalani Islam secara kaaffah, padahal Islam itu adalah agama yang mudah.

Semoga kita diberi petunjuk oleh Allah untuk menjalankan Islam secara kaaffah.

One response to “Islam Kaaffah, betapa susahnya

  1. al islamu huwaddienuladzi ba ‘asyallohu bihi sayyidina muhammad saw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s