Aku “birding” lagi!

Akhirnya, setelah sekian lama tidak birding alias ngamatin burung lagi di alam, Sabtu tanggal 17 Februari yang lalu, saya ngikut anak-anak Nymphaea ITB untuk birding di kampus. Saya dikabari bahwa birding akan mulai pukul 6 pagi teng. Subuh-subuh saya berangkat dan sampai di markas Nymphaea tepat pukul 6. Teng. Ternyata eh ternyata baru satu orang yang datang. Namanya Rizal.

Pukul 0630, kami mulai berangkat mencari mangsa. Tidak berapa lama kami langsung disuguhi oleh punai-punai yang masih kedinginan di pucuk pohon. Bulunya terlihat masih basah dan aktivitas mereka umumnya adalah preening , menyelisik bulu. Punai yang kami amati ini adalah Treron griseicauda (mudah-mudahan benar, maklum saya sudah lama tidak mengamati burung). Berbekal teropong Made in Russia (tanpa With Love seperti filmnya si Bond), kantong doraemon (apapun ada di dalamnya), buku catatan dan pensil saya menikmati kembali mengamati burung di alam.

Target utama saya sebenarnya adalah ingin melihat parrotfinch Erythrura prasina , salah satu jenis burung yang indah untuk cuci mata. Burung ini pernah dilihat oleh Mbak Rima. Sabtu lalu, burung ini tidak nampak tapi saya cukup terhibur oleh jenis burung yang tidak kalah menariknya yaitu cipoh Aegithinia tiphia , srindit jawa Loriculus pusillus dan caladi tilik Dendrocopos moluccensis .

Jenis burung yang terakhir tadi sempat menjadi perdebatan di antara kami, karena sebelumnya saya mengatakan itu adalah Dendrocopos macei bukan D. moluccensis. Saya mengatakan itu hanya berdasarkan kebiasaan saja, biasanya yang dilihat di taman itu adalah D. macei. Teman-teman Nymphaea yakin itu adalah D. moluccensis, dan mereka pun bercerita bahwa pada saat mengikuti lomba Birds of Parahyangan, spesies ini dicoret dari list burung yang ditemukan di taman kota oleh panitia. Untung saja, saya membuat sketsa dari individu yang kami amati. Salah satu ciri khas yang saya catat adalah adanya band hitam yang sejajar dengan mata, di atasnya berwarna putih dan di bawahnya berwarna putih juga. Adapun mahkota dari burung ini berwarna hitam.

Hari ini saya membuka link ini dan saya menjadi yakin bahwa burung yang dilihat pada Sabtu lalu adalah D. moluccensis, seperti yang teman-teman Nymphaea yakini.

List burung lengkap yang kami amati adalah:
1. Treron griseicauda
2. Orthotomus sutorius
3. Nectarinia jugularis
4. Loriculus pusillus
5. Pycnonotus aurigaster
6. Dicaeum trochileum
7. Megalaima haemacephala
8. Passer montanus
9. Zosterops palpebrosus
10.Streptopelia chinensis
11.Collocalia linchi
12. Cacomantis merulinus
13.Dendrocopos moluccensis
14.Aegithina tiphia

3 responses to “Aku “birding” lagi!

  1. hore birding lagi, koq cm 14? manuk kutilang darat gak masup?

  2. ahahha… ayo kita birding lagi..

    btw kmaren sesaat setelah kang firman pergi, kita nemu Bondol jawa di sekitar kimia

  3. Halah….birdwatchingnya bawa MBP teu? kekekek kan tinggal liat di situh…hihi. Sama euy baru birdwatching juga di FL😛 sabari ngaderegded tiris :))

Tinggalkan Balasan

