VirtualBox

Majalah INFOLINUX edisi Mei 2007 telah membawa saya pada sebuah software virtual machine yang open source, VirtualBox. Dengan software ini kita dapat memiliki sistem operasi lain di dalam sistem yang biasa kita gunakan, entah itu Windows, Linux ataupun Mac OS. OS lain itu berjalan bersamaan, di dalam partisi yang sama. Kita tidak perlu repot-repot untuk melakukan booting ulang saat hendak berpindah OS. Bagi Anda yang biasa menggunakan VMWare di Windows atau Parallels di Mac OS X, seperti itulah VirtualBox ini.

Seperti postingan saya sebelumnya, saya lebih asyik bekerja di Mac OS X. Kemudahan dan keindahannya lebih menawan hati, tetapi berhubung saya lebih sering ‘ngoprek’ Linux, saya pun butuh virtual machine. Selama ini, saya menggunakan Parallels Desktop, memang masih bajakan sih, walaupun sudah berusaha membeli tetapi gagal terus. Setelah menggunakan VirtualBox ini, Parallels pun saya tinggalkan.

VirtualBox, baik versi Mac OS X ataupun Windows yang sudah saya coba, menawarkan kemudahan. Soal kecepatan, saya belum coba untuk mengujinya. VirtualBox mampu melakukan instalasi Linux lewat CD/DVD ataupun dengan menggunakan file ISO. Proses instalasinya pun persis sama jika menginstal langsung ke dalam partisi berbeda.

Setting koneksi internet dilakukan secara otomatis oleh VirtualBox. Yang belum saya coba adalah transfer data via USB. Berikut ini skrinsot Mandriva di dalam Mac OS X dengan VirtualBox.

Mandriva in Mac OS X with VirtualBox

3 responses to “VirtualBox

  1. hayah….masih nyonyoo linux? kan udah ada core BSD ;P

  2. salam kenal
    boleh kan nanya soal virtualbox ?
    buat setting koneksi internet atau akses ke LAN biar bisa mengakses dan diakses sama seperti pc yang real itu gimana ya ? soalnya kan virtualbox otomatis pake dhcp sementara saya pake-nya ip statis..
    thanks

  3. @danang

    Sebelum menjalankan VirtualBox, pastikan bahwa Host OS yang digunakan sudah terhubung ke internet. Selanjutnya, pada setting Guest OS di VirtualBox, pada bagian Network, klik, dan centanglah pada box pilihan Enable Network Adapter.

Tinggalkan Balasan

