Instalasi Ubuntu Feisty Fawn di Mac Book Pro

Pak Budi Rahardjo dalam tulisannya di Majalah INFOLINUX terbaru mengajak untuk ‘menunggangi’ gelombang Ubuntu, apapun distro GNU/Linux favorit kita, entah itu Fedora Core, Mandriva atau Debian. Yang penting adalah bagaimana mengubah paradigma berpikir masyarakat bahwa komputer itu tidak selalu Windows. Juga untuk membiasakan masyarakat banyak menggunakan perangkat lunak yang legal nan asyik digunakan.

Dalam majalah INFOLINUX itu juga disertakan file ISO dari Ubuntu dan ‘anak-anaknya’ seperti Edubuntu, Kubuntu dan Xubuntu. Saya, tergoda untuk mencoba Ubuntu di Mac Book Pro. Kali ini saya tidak ingin menginstalnya melalui VirtualBox karena ingin mencoba salah satu window manager yang digadang-gadang lebih indah dari Mac OS X, beryl.

Maka dimulailah perjalanan panjang itu sejak Rabu malam di rumah saya. Berbekal panduan sebuah tutorial Triple Boot via Boot Camp From OnMac.net Wiki saya coba untuk melakukan instalasi. Windows saya butuhkan karena saya akan melakukan instalasi Ubuntu via VirtualBox. Pelatihan Spatial Training yang diadakan oleh UNEP – Kementerian Lingkungan Hidup dan Pusat Data Spasial saat ini, memaksa saya untuk melakukan hal tersebut. Juga akan adanya kemungkinan penggunaan VirtualBox di Windows pada pelatihan-pelatihan selanjutnya.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan repartisi dari volume Mac OS X yang ada. Sebelumnya saya memiliki dua OS dengan Boot Camp juga, yaitu Mac OS X dan Windows XP. Untuk melakukan resize, saya hapus dulu partisi Windows yang ada dengan Boot Camp. Selanjutnya dengan menggunakan diskutil saya coba untuk merubah partisi kembali menjadi satu, yaitu dengan perintah: diskutil resizeVolume disk0s2 35G “Linux” “Linux” 20G “MS-DOS FAT32” “WinXP” 18G. Hasilnya, tidak bagus. Partisi tidak bisa diresize. Saya coba analisis hardisk dengan Disk Utility yang ada di Application. Ternyata hard disk butuh perbaikan. 

Selanjutnya saya restart Mac OS X dan menjalankan sistem dari DVD Instalasi Mac OS X. Dengan Disk Utility, partisi Mac OS X yang digunakan berhasil diperbaiki, reboot, masuk lagi ke Mac OS X. Perintah diskutil untuk melakukan resize partisi saya ulangi kembali, hasilnya kembali nihil. Pesan error “Resizing encountered error No space left on device (28) on disk” selalu muncul, berapapun besarnya partisi hasil resize. Akhirnya malam itu saya menyerah.

Pagi, Kamis 7 Juni 2007, saya tiba di kampus pukul 09.00, kembali mencoba untuk melakukan repartisi volume Mac OS X. Kembali gagal.  Karena sudah kadung penasaran, keputusan nekad pun saya ambil. Saya instal ulang Mac OS X dari nol. Data di hardisk saya pindahkan dulu ke hard disk eksternal. DVD pertama dari 2 DVD Instalasi Mac OS X saya masukkan ke superdrive bawaan Mac Book Pro. Instalasi berjalan, cukup lambat. Hingga saat instalasi iWork Trial dari DVD 2, proses terhenti setelah proses berjalan sejauh 96%. DVD keluar dengan sendirinya, saya lap dengan tisu, masukkan kembali ke dalam superdrive, proses instalasi iWork diulangi lagi, terhenti juga.

Saya mulai panik, di saat semakin penasaran, pelatihan GRASS pun saya tinggalkan. Sesi digitasi dalam GRASS saya serahkan pada Yaya dan Ruli. Saya masih berharap siang itu instalasi dapat diselesaikan. Eh.. bayangan kegagalan yang muncul saat proses instalasi Mac OS X gagal. Dengan harap-harap cemas, DVD 2 yang bersikeras tidak mau menetap di dalam superdrive itu, saya masukkan ke dalam DVD Writer ekternal via USB. Simsalabim, secara otomatis Mac OS X mengenali perangkat keras dan mulai menjalankan instalasi dari sana. Wow.. ini adalah pengalaman pertama saya melakukan instalasi sistem operasi dengan menggunakan sumber data eksternal. Saya pikir, memang benar-benar canggih nih sistem operasi.

Singkat kata, proses instalasi Mac OS X berjalan sesuai rencana. Update ke 10.4.8 kemudian dilakukan, restart, update ke 10.4.9. O ya untuk update ini, saya menggunakan Update Combo dari berkas yang sudah saya simpan. Setelah update ke 10.4.9 barulah saya melakukan instalasi Boot Camp 1.2 dan refit. Instalasi Boot Camp diperlukan untuk membuat driver Macintosh di Windows XP. Partisi hard disk tidak dilakukan via Boot Camp, tetapi dengan tool diskutil. Proses resizing volume Mac OS X setelah instalasi ini dapat dilakukan dengan baik. Tidak ada lagi pesan kesalahan yang menyatakan bahwa hard disk penuh. Alhasil saya memiliki empat partisi, partisi disk0s1 untuk EFI, disk0s2 untuk Mac OS X, disk0s3 untuk Linux dan disk0s4 untuk Windows XP. Setelah instalasi Boot Camp, saya melakukan instalasi rEFIt.

Selanjutnya adalah melakukan instalasi Windows XP. Proses berjalan lancar, tidak ada masalah. Selanjutnya, instalasi Ubunt Feisty Fawn. Dibutuhkan sedikit trik, walaupun diperlukan waktu yang tidak sebentar untuk mengetahui trik tersebut. Mengapa? Karena Ubuntu Live CD di Mac Book Pro selalu gagal menjalankan xserver, walaupun pilihan VGA Display telah dikurangi. Untuk mengatasinya, diperlukan Ubuntu way, yaitu dengan cara apt-get install. Karena saya berada di dalam jaringan ITB yang menggunakan proxy server, untuk mengakses repository Ubuntu yang berada di internet, saya harus menambahkan isian username dan account di /etc/apt/apt.conf, dengan parameter seperti berikut

Acquire::http::Proxy “http://username:password@167.205.22.103:8080”;

Belakangan saya mengetahui bahwa di jaringan ITB pun ada repository Ubuntu Feisty Fawn sehingga tidak perlu koneksi internet ke luar. Untuk menambahkan repository ini, saya melakukan editing file /etc/apt/sources.list , dengan menambahkan satu baris berikut:

deb ftp://ftp.itb.ac.id/pub/ubuntu feisty main universe multiverse restricted

Setelah itu, melakukan apt-get update dan instalasi software yang dibutuhkan agar xserver berjalan yaitu dengan tahapan sebagai berikut:

sudo apt-get install linux-restricted-modules-$(uname -r)

sudo apt-get install xorg-driver-fglrx

sudo depmod -a

Selain instalasi, file konfigurasi /etc/X11/xorg.conf pun dimodifikasi dengan menambahkan baris-baris:

Section “Extensions”

Option “Composite” “Disable”

EndSection

Section “ServerFlags”

Option “AIGLX” “off”

EndSection

Terakhir, adalah menjalankan service gdm, dengan menjalankan perintah /etc/init.d/gdm start . Akhirnya Ubuntu Feisty Fawn pun tampil dengan displaynya yang indah.  Proses instalasi Ubuntu cukup straightforward , dengan mengklik icon Install yang ada di Dekstop. 

Supaya rEFIt dapat menjalankan Linux, setelah instalasi Ubuntu selesai kita harus mensinkronkan dahulu partisi tabel dengan memilih menu gptsync di rEFIt, lakukan reboot dan kembali pilih icon Linux. Alhamdulillah, akhirnya di dalam Mac Book Pro saya terinstal tiga sistem operasi, dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

4 responses to “Instalasi Ubuntu Feisty Fawn di Mac Book Pro

  1. Saya juga pengguna Linux di MBP. namun, saya pakai distro Fedora Core 6. Masalah yang tidak pernah selesai adalah saya tidak pernah berhasil menggunakan external LCD lewat converter DVI-VGA. Walaupun sudah pakai fglrx dan xorg.conf sudah pakai dual-head, tetap saja tidak dapat signal di external LCD. Apakah di Ubuntu mengalami hal yang serupa juga?

  2. @Gylee

    Kebetulan saya pernah coba dua kali untuk koneksi ke LCD Projector, satu kali berhasil dan satu kali gagal. Pernah coba juga koneksi ke LCD Monitor, yang ini berhasil. Mungkin saat itu saya colokkan dulu kabel ke LCD, baru start MBP dan masuk ke Ubuntu

  3. Ping-balik: TripleBooting *sigh* « Celoteh sang prabu

  4. Pak, akhirnya saya berhasil install fedora 9 di mac, jadi saya telah mengorbankan partisi XP nya ditimpa habis sama linux, eh tau nya berhasil. Sebelum berhasil pun saya udah coba pake refit. Tapi tetap saja partisi fedora gak terdeteksi, eh seudah si windows dihabisin sekarang di refit lancar tuh muncul partisi linux.

    Sekarang masalah yang saya hadapi adalah, bagaimana dengan driver2 mac di linux? salah satunya yang terasa adalah klik kanan pake trackpad. Sementara sih kebetulan di rumah ada mouse, tapi kalau pas saya gak bawa mouse jadi repot nih hehe

    Apakah driver airport, bluetooth, dan isight juga jadi gak jalan ya pak?

    Oh iya, salam kenal, Pak, saya Adrian, kuliah di ITB, T.Informatika angkatan 2006.
    Pak Jalmiburung dosen di Geologi? Tempo hari saya pernah ikut lomba GIS yang diadakan GEA, namun tidak lolos penyisihan😦

    Terima kasih banyak ya Pak!

Tinggalkan Balasan

