Awas meleduk!

Hari gini, penyimpanan data dengan kapasitas ratusan gigabytes sudah hampir tidak menjadi masalah. Hard disk dengan kapasitas 200 – 300 Gb bisa diperoleh dengan harga sekitar 700 – 800 ribu. Cara penyimpanan pun bisa secara internal (di dalam CPU) atau pun eksternal dengan casing tertentu.

Dengan menggunakan media eksternal plus USB 2.0 yang memungkinkan proses transfer data secara cepat (ratusan Mb/s), pekerjaan menjadi lebih mudah dan ‘portable’. O ya, media eksternal ini bisa berupa hard disk ataupun bisa berupa media penulis data seperti CD-RW atau DVD-RW.

Sesuai dengan judul tulisan saya ini, yang perlu diperhatikan adalah cara menyimpan media eksternal tersebut. Kebanyakan media penyimpanan eksternal memiliki ‘casing’ dari metal (besi). Berdasarkan pengalaman saya, jangan pernah sekali-kali menyimpan casing di atas CPU karena bisa menyebabkan korsleting. Saya pernah melakukan hal tersebut dan membuat casing DVD-RW plus motherboard CPU rusak. Jadi, hati-hati meleduk!

2 responses to “Awas meleduk!

  1. iyah apalagi klo sedang write process tuh media trus dikasih setetes dua tetes teh botol di deket lubang ventilasi power adaptor….klo mau cepet masukin ajah tetesan tersebut ke dalam nya..behhh keren loh jadi berasep!

  2. ok..thanks infonya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s