Jangan Asal Percaya Kompas

Sebagai orang yang cukup sering bepergian ke luar kota, saya selalu membawa kompas. Alat kecil ini berguna untuk menunjukkan arah kiblat. Seringkali saya menginap di penginapan atau hotel, dan tiba setelah malam, sehingga sulit untuk melihat matahari untuk mengetahui arah mata angin. Di sinilah manfaatnya kompas, terutama bagi mereka yang muslim.

Selasa malam lalu (3/07/07) saya menginap di salah satu hotel berbintang di daerah Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Bukan gaya-gayaan, tapi menginap gratis, rame-rame, dalam rangka pekerjaan. Kami datang pukul 4-an sore. Setelah istirahat sebentar, saya langsung ambil wudhu untuk shalat jama’ qashar dhuhur dan ashar. Saya ambil kompas untuk melihat arah kiblat. Agar pasti, kompas saya putar-putar dan ternyata tetap menunjukkan arah yang konsisten.

Maka shalat lah saya. Ketika shalat, ternyata dua orang teman saya tertawa cekikan. Saya tidak tahu, lah wong sedang shalat. Setelah selesai, mereka menunjukkan arah kiblat yang terpasang di eternit hotel. Saya pun berkilah, wah itu pasti salah tuh.. saya kan pakai kompas. Alhasil teman pun mengikuti arah kiblat menurut kompas. Walaupun begitu, saya dan Kang Yugi, teman saya itu, penasaran. Kang Yugi mengambil kompas, dan menggunakannya di luar kamar. Ternyata kompas menunjukkan arah kiblat yang sama seperti tanda yang terpasang pada eternit. Namun ketika kompas digunakan lagi di dalam kamar, arahnya kembali salah. Kami berkesimpulan bahwa di dalam kamar ternyata ada medan magnet yang cukup kuat sehingga merubah arah kompas.

Jadi begitulah pemirsa. Kompas akan menunjukkan arah mata angin yang benar bila syarat-syaratnya terpenuhi. Salah satunya adalah terhindar dari medan magnet. Contohnya jangan gunakan kompas di bawah kabel listrik tegangan tinggi. Jadi, jangan asal percaya kompas..

3 responses to “Jangan Asal Percaya Kompas

  1. Gaya sih!, udah ada qiblat sign masih “keukeuh”😛

  2. Ya maap.. secara sebelumnya belum lihat sih… pede aja kusabab aya kompas

  3. bukan kompasnya yang jangan dipercaya, tapi orang yang make kompasnya.. udah tau syarat dan ketentuannya belum? hehehe (kaya iklan ya kata2nya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s