Transformasi Citra dengan gdalinfo

Bagi Anda yang sering menggunakan data citra satelit, proses transformasi citra dari satu sistem koordinat dan proyeksi peta ke sistem dan proyeksi yang lainnya, kadang-kadang sulit dilakukan. Ada satu program yang menurut pengalaman saya cukup ampuh untuk itu, namanya gdalinfo. Program ini adalah salah satu komponen dari GDAL (Geospasial Data Abstraction Library).

Caranya cukup mudah tetapi kebanyakan orang menganggapnya rumit untuk dilakukan karena berbasis teks. Perintahnya cukup satu baris saja, dengan struktur seperti ini :

gdalinfo -s_srs “definisi sistem koordinat peta awal” -t_srs “definisi sistem koordinat peta target” namafile_peta_awal namafile_peta_target

Sebagai contoh, jika kita hendak merubah peta dengan proyeksi peta Lintang-Bujur ke UTM Zone 48 S, perintahnya adalah sebagai berikut :

gdalinfo -s_srs “+datum=wgs84 +proj=latlong” -t_srs “+datum=wgs84 +proj=utm +zone=48 +south” fileawal.tif fileakhir.tif

Format file yang disupport oleh GDAL ini amat beragam, mulai dari format yang biasa kita kenal seperti TIFF, PNG, JPEG, BMP atau format raster ENVI, ILWIS, ERDAS.

Proses transformasi dengan menggunakan gdalinfo ini cukup cepat, sebagai contoh untuk citra Landsat Full Scene paling lama hanya memakan waktu 1 menit untuk spesifikasi komputer Intel Duo Core 2.0GHz dengan RAM 1,5 GHz.

Transformasi peta vektor seperti ESRI Shapefile bisa dilakukan dengan komponen GDAL juga, bukan dengan gdalinfo tetapi dengan ogr2ogr, yang akan saya coba tulis lain kali.

3 responses to “Transformasi Citra dengan gdalinfo

  1. Very usefull info euy! but how to install it on my Mac?😀

  2. Donlod lah GDAL dan PROJ Frameworks di http://www.kyngchaos.com, lha wong saya juga make Mac juga kok..

  3. Ping-balik: Transformasi Peta dengan ogr2ogr « Be green and use open source

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s