e-book reader dengan k618i

Salah satu hobi saya adalah membaca. Membaca apa saja, di media apapun, bahkan komposisi bahan makanan dalam kemasan pun kadang-kadang terpaksa dibaca. Nenek saya hafal betul dengan kebiasaan membaca saya ini, terutama membaca pada waktu menyantap makanan.

Bahan bacaan adalah menu wajib setiap kali saya makan. Selain saat makan, membaca juga saya lakukan saat naik kendaraan umum atau saat berada dalam antrian. Biasanya sih yang dibaca itu koran harian, Tabloid Bola atau Majalah Infolinux. Berhubung saya masih kuliah, biasanya ada satu atau dua judul buku yang stand-by di dalam tas, siap untuk dibaca.

Satu lagi kebiasaan buruk saya adalah mudah berganti kesenangan. Misalnya di satu saat sedang membaca buku tertentu, sekian jam kemudian bosan dan ingin membaca buku dengan tema yang lain. Kebiasaan seperti ini tentu tidak dapat dipenuhi dengan membawa buku. Cilaka.

Salah satu solusinya adalah merubah format data dari analog menjadi digital. Sekarang sudah banyak buku digital yang dapat didownload secara gratis dari internet, dengan format PDF atau CHM. Untuk membacanya sudah tentu diperlukan komputer, bisa desktop atau laptop. Nah, berkaitan dengan kebiasaan buruk saya, membaca ebook dengan laptop sudah tidak kompatibel lagi.Saya memerlukan sebuah alat yang kecil dan mobile.Ada beberapa pilihan, di antaranya PDA, Sony Reader, PSP atau iPod. Saya tidak suka PDA, percuma saja menggunakan modul organizernya, lha wong seringnya saya tidak terorganisir kok. Sony Reader, terlalu mahal. 4 – 5 juta untuk mendapatkan tampilan 16 warna. PSP, sudah ada tapi dikuasai Fauzan, anak saya…Hehehe. iPod, terlalu mahal dan lagipula layarnya terlalu kecil.

Saya berpikir bagaimana untuk memanfaatkan Sony Ericsson k618i sebagai ebook reader. Di dalamnya sudah ada web browser, tidak ada PDF Reader atau CHM reader. Oleh karena itu, saya merubah format dari PDF atau CHM ke dalam format html. PDF ke html dapat dilakukan dengan tool pdftohtml. Saya melakukannya di Ubuntu. Sedangkan CHM ke html dapat dilakukan dengan chmdecoder, di Windows. Setelah mencoba, cukup bagus juga hasilnya dan masih nyaman untuk dibaca di layar k618i. Memang kecil juga sih, tapi daripada harus membeli gadget baru….

 pdftohtml2.png

pdftohtml1.png  

4 responses to “e-book reader dengan k618i

  1. Halah…maksa amat! :P…baca nggak kalau sambil naik motor?……berarti butuh virtual screen on your helmet googles dung :D….nanti ujungya…butuh supir untuk sepeda motornya….eh…gak nyaman juga…butuh supir dan mobil :D………..

  2. kalau naek motor sih.. HP aja dimatiken…
    Kita sih pemotor profesional…
    Hehehe

  3. itu html bukanya pake proxy engga?

  4. Untuk baca di hp SE (pokoknya yang ada java-nya), pake aja tools “READMANIAC” dari java, type document yang bisa dikenali *.txt, *.pdb (lainnya belum ku coba)… tapi itu paling praktis… sepanjang bacaannya cuma teks aja… dijamin siip…download toolsnya di http://www.getjar.com

Tinggalkan Balasan

