Bersama Mengubah Dunia

Tag blog ini awalnya adalah “Be green and use open source”, sebuah misi pribadi dimana saya ingin menjadi seseorang yang ramah lingkungan dan menggunakan open source. Kini, berubah menjadi “Bersama Mengubah Dunia”.

Ambisius? Tidak juga. Sekarang kita hidup di sebuah jaman dimana secara sadar atau tidak sadar, kita cenderung tidak memiliki kendali apa yang akan kita lakukan. Sekolah, kuliah, kerja, dapat duit, berkeluarga. Hidup kita hanya seputaran itu saja. Hidup hanya menjadi sebuah rutinitas, seringkali kita tidak sadar bahwa hidup adalah sebuah anugrah.

Dengan hidup kita diberi kepercayaan oleh Sang Pencipta untuk melakukan sesuatu. Sebagai muslim, saya percaya bahwa hidup itu harus digunakan untuk ibadah. Tidak saja sebatas ibadah ritual, tetapi juga ibadah yang lain terutama terhadap sesama. Banyak perbuatan yang nampak remeh, tetapi sebenarnya itu adalah hal besar. Contoh, memilih untuk membawa tas/kantong sendiri saat berbelanja berarti kita mengurangi konsumsi plastik. Menghabiskan makanan berarti kita tidak menyia-nyiakan sumber daya. Santun di jalan raya (tidak kebut-kebutan, tidak nglakson sembarangan) juga adalah hal besar yang bisa menjadi ibadah, berpahala. Tidak membuat sampah sembarangan, apalagi.

Kalau semua orang melakukan hal-hal yang nampak sepele ini kita mampu untuk mengubah dunia. Seperti kata AA Gim, mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil-kecil dan mulai dari sekarang.

2 responses to “Bersama Mengubah Dunia

  1. mulai dari diri sendiri justru yg susaaaaaaahh ..secara plg enak tu mengkritik orang lain..

  2. Betul pisan, tapi nya kumaha deui ateuh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s