Burung itu masih ada

Dulu, burung punai dada abu-abu (Treron griseicauda) mudah sekali dilihat di sekitar Kampus ITB, juga di taman-taman kota yang lain di Kota Bandung. Burung ini biasanya terlihat dalam satu kumpulan (flock), pernah saya melihat lebih dari 100 individu dalam satu kumpulan. Hanya saja, beberapa bulan terakhir ini terlihat agak jarang, mungkin tidak pernah melihat lagi.

Burung punai dada abu-abu

Pun begitu, rekan-rekan pengamat burung dari Bicons . Mereka sudah tidak pernah lagi menemukan burung ini untuk waktu yang cukup lama juga. Kami tidak tahu apa sebabnya. Apakah burung ini sudah mulai diburu dan dijadikan kudapan? Atau dijual? Kami berharap kalau mereka hanya bermigrasi ke lokasi lain. Kami menduga burung-burung itu pergi ke tempat lain yang masih ada buah untuk dimakan. Masih ada biji untuk ditelan.

Hari ini, Rabu 21 Mei 2008, pukul 16:45, tanpa diduga, ada satu ekor burung punai sedang hinggap di pohon angsana, dekat Gedung Kuliah Umum Baru, sebelah Kantor BNI ITB. Awalnya, saya ragu kalau itu adalah burung punai. Karena gelap, habis hujan, saya menduga itu burung tekukur. Hanya saja, instingku berkata, “jangan-jangan burung punai”. Lekas saja saya mengambil binokuler tua yang ada di sebelah meja. Beruntung burung itu masih hinggap di tempat yang sama. Setelah ditoong, saya melihat ada warna putih di sayap. Yap, itu burung punai yang selama ini dicari. Cihuy, ternyata burung itu masih ada. Sumber gambar : www.orientalbirdimages.org

6 responses to “Burung itu masih ada

  1. Burung ituh memang terus ada!…tinggal adanya di pohon atau di piring? wakakakakakakak

  2. ya kalau di pohon udah abis, di piring pun abis .. meureun…

  3. Kemarin saya makan di Medan Baru, daerah Sunter yang menyediakan menu spesial, burung punai. Saya baru tahu yang namanya burung punai itu, seperti yang di photo itu …

  4. hai,
    saya mau coba ternak burung punai, mungkin ada yang bisa bantu dimana saya bisa liat peternak burung punai disekitar jabodetabek? saya beli dimana alamatnya ya.
    thanks
    ~bintang sihiet~

  5. Indah sekali saya melihat burung punai yg sdr paparkan. Setau saya ada lebeih krang 500 species pigeon dalam dunia ini. Burung jenis ini juga merupakan satu satunya jenis burung yang menyusukan anaknya. Saya ingin sekali jadi pengikut setia blog ini. Syabas Pak!

  6. atuh ari di kalimantan mah sangat seeur dan dulu waktu di bandung saya pernah mendak nu nuju geuring. di sini di klimantan ayeuna teh saya ngukut seeur deui….hehehe….dan yg atos gede sy terbanghkan ke pinggir laut….wah eta mah bangga pisan….saya teh…salam kenal ah…saya urang jl. kebon binatang di bandung na harita mah.

Tinggalkan Balasan

