iPod for reading

Selama ini pengguna iPod hanya mengenal dan menggunakan fungsi hiburan saja. Jangankan pengguna, penjualnya saja gak mudeng kalau iPod bisa digunakan untuk membaca teks. Ya, menu Notes yang ada di bagian Extras dari iPod bisa digunakan untuk menyimpan berkas teks. Hanya saja ukurannya tidak bisa terlalu besar. Untuk iPod nano generasi baru, ukuran teks yang bisa dibaca secara lengkap adalah 16 Kb. Bisa saja kita menyimpan berkas lebih dari 16 Kb, hanya saja tidak semua kalimat bisa dibaca.

Fungsi Notes dalam iPod memberikan kita peluang untuk menjadikannya sebagai ebook reader. Sambil mendengarkan musik atau radio (tentu jika menggunakan tool tersendiri), kita bisa membaca literatur. Sumber literaturnya? Bisa berasal dari berkas Word, PDF atau berkas elektronik lainnya. Bagaimana caranya? Berkas tersebut, terlebih dahulu dikonversi ke dalam format teks (apapun), kemudian teks tersebut diformat kembali ke dalam format teks yang bisa dibaca oleh iPod.

Supaya lebih jelas, saya akan contohkan bagaimana memindahkan berkas PDF, merubahnya ke dalam teks supaya bisa dibaca di iPod. Pertama, semua contoh ini dilakukan menggunakan Mac OS X. Kedua, perangkat lunak yang dibutuhkan adalah pdftotext, textEdit (sudah ada dalam Mac OS X) dan iPodoc, unduh dan instal ke dalam direktori Application. Ketiga, prosedurnya adalah :

  • 1. Gunakan Terminal. Ketikkan pdftotext
  • 2. Drag file PDF ke dalam Terminal, tekan Enter. Berkas dalam format Teks akan berada dalam direktori yang sama.
  • 3. Edit berkas Teks tersebut menggunakan TextEdit.
  • 4. Gunakan Finder, drag berkas Teks ke icon Ipodoc.
  • 5. Selesai.
  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s