Hakikat bersyukur

Bersyukurlah atas apa yang kau terima, begitu kata orang bijak. Kalau engkau diberi nikmat, bersyukurlah, niscaya nikmatmu itu akan bertambah. Jika engkau ingkar, maka sesungguhnya azab Allah itu amat pedih. Begitulah kira-kira isi dari salah satu ayat Al-Quran. Petuah, pesan dan nasihat semacam ini sering kita dengar, kita baca, kita dapatkan, apakah itu dari radio, koran atau di khutbah Jum’at (itu pun kalau kita tidak tertidur). Implementasinya bagaimana? Mungkin seperti ini …

Dalam praktiknya, tahapan pertama kita bersyukur adalah memuji kepada Allah dan kemudian berterima kasih kepada orang, jika orang tersebut menjadi perantara sampainya nikmat kepada kita. Misalnya, saat kita membutuhkan uang pinjaman, orang tersebut dengan ikhlas meminjamkannya. Bukanlah bersyukur jika kita hanya mengucapkan Alhamdulillah tanpa mengucapkan terima kasih kepadanya. Cara berterima kasih ini, ada perbedaan pendapat, ada yang menganggap bahwa harus dengan ucapan ‘Jazakumullaahi khairan katsira‘ yang artinya ‘Mudah-mudahan Allah akan memberikan kebaikan yang banyak padamu‘, atau cukup dengan ucapan ‘Terima kasih‘ dalam Bahasa Indonesia. Itu terserah pada keyakinan Anda.

Tahapan kedua dalam bersyukur, dan ini yang paling sulit, adalah menggunakan nikmat tersebut untuk hal-hal yang diridhoi oleh Allah. Seringkali kita tahu tentang ini, tetapi berulangkali pula kita hirau, kita acuh akan pentingnya hal ini. Kita tahu bahwa saat ini bisa bekerja itu adalah nikmat, tetapi berapa banyak waktu kita terbuang untuk hal sia-sia. Sebandingkah output yang kita hasilkan dengan input (alias upah) yang kita terima?

Harap jangan salah sangka. Tulisan ini tidak menyalahkan atau menggurui Anda. Ini hanyalah introspeksi diri saya sendiri. Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s