Being a student

Ada sebagian orang yang beruntung untuk melanjutkan sekolah setelah lulus SMA. Entah itu ke akademi, institut atau universitas. Saya termasuk salah satu dari orang yang beruntung itu. Hampir empat belas tahun setelah saya masuk kuliah, baru kemarin saya mengerti hakikat menjadi seorang pelajar itu. Jadi begini ..

Kemarin, saya memberikan sedikit ilmu tentang Sistem Informasi Geografis pada mahasiswa Biologi Unpad. Pesertanya ada yang memang mengambil mata kuliah tersebut dan ada juga mahasiswa yang tidak terdaftar. Menarik memang antusiasme peserta, tapi ada satu hal yang lebih membekas di hati.

Setelah selesai diskusi, Pak Prihadi, dosen SIG di Biologi Unpad, memberikan tugas kepada mahasiswa sebagai pengganti Ujian Akhir. Beliau memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk membuat sebuah karya terbaik, tentang apapun, dengan menggunakan SIG, yang telah dipelajari selama satu semester. Intinya sederhana, beliau secara filosofis mengatakan bahwa sebagai mahasiswa, apa yang dilakukan selama kuliah dan nanti setelah lulus adalah :

Anda pikir -> tulis -> kerjakan -> tulis kembali

Hmm.. begitu sederhana, pikir saya. Semua dimulai dengan berpikir tentang apa yang akan kita lakukan. Sebelum melakukan kita tulis dahulu apa yang akan dilakukan, seperti sebuah prosedur bekerja. Kemudian melakukan apa yang terurai dalam prosedur tersebut dan setelah dikerjakan hasilnya kita catat dan ditulis kembali sebagai sebuah laporan atau skripsi. Memang nantinya ada panduan atau batasan-batasan tentang bagaimana cara melakukan penelitian, bagaimana menulis skripsi dan sebagainya. Hanya saja, cara berpikir filosofis ini akan membantu kita untuk mempermudah. Minimal, meringankan beban perasaan.

Ah.. saya seperti menemukan oase di padang gersang (meureun). Saya akan coba terapkan tips dan (mungkin) akan berterima kasih secara pribadi pada Pak Prihadi, nanti setelah lulus.

3 responses to “Being a student

  1. Heeuh nyariosna mah gampil😛

  2. “tulis apa yg Anda kerjakan, dan kerjakan apa yang Anda tulis”

    Salam kenal.

  3. tetap semangat, NEXT !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s