Kamus Besar Bahasa Indonesia

Bagi mereka yang sedang skripsi atau menulis tugas akhir, seringkali kebingungan dalam menemukan padanan kata dari bahasa asing atau sinonim kata tertentu. Juga seringkali tidak tahu apakah kata yang sedang ditulis tersebut merupakan kata baku ataupun tidak. Selama ini, salah satu cara untuk memeriksanya adalah dengan membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia. Dari namanya sudah besar, seperti terlihat pada gambar, dan berat. Amat repot kalau kita harus membawa kamus tersebut ulang-alik rumah dan kantor. Kini ada cara lain, mau tahu?

KBBI

Cara lain yang relatif lebih mudah adalah dengan membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam jaringan. Nampak aneh ? Ya, dalam jaringan, disingkat daring, adalah padanan kata dari online. KBBI daring ini dapat diakses di sini. Relatif lebih mudah karena kita hanya butuh koneksi internet. Memang tidak semua orang terkoneksi dengan internet. Minimal, kita cukup mempunyai buku tersebut di rumah dan mengaksesnya lewat KBBI daring di kantor. Koneksi internet di kantor, nampaknya sudah sangat umum.

Tampilan KBBI daring cukup sederhana, membuatnya cukup cepat diakses. Ketika kita melakukan pencarian, responnya pun cepat. Nampaknya Depdiknas benar-benar serius dalam membuatnya. Saya yakin KBBI daring disimpan dalam sebuah sistem berbasis perangkat lunak terbuka. Bukan berbasis Micro**** Server (maaf nih). Salut nih untuk Pusat Bahasa Depdiknas yang telah membuat terobosan bermanfaat dalam penyebarluasan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hanya satu saran saya bagi para pembaca, yaitu saat mencari di KBBI daring, gunakan kata dasar sebagai kata kunci. Misalnya, jaring jika Anda ingin mencari makna dari jaringan.

One response to “Kamus Besar Bahasa Indonesia

  1. Yup mas.. yg blm ada tuh databasenya..
    Harapnay pemerintah bs meng share databsenya..
    Kan gak semua oarng bs Online?
    Biar ada aplikasi KBBI yang bisa Offiline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s