Asyiknya Pake Mac

Seperti kebanyakan orang Indonesia lainnya, MS Windows adalah sistem operasi komputer pertama yang kugunakan. Saat itu masih Windows Versi 3.1. Tidak berbeda dengan yang lainnya juga, MS Windows-nya itu ilegal alias tidak membeli secara sah. Tahun 2000, sebuah sistem operasi baru, GNU/Linux mulai kucoba. Alasannya? Mungkin bosan dan capek dengan MS Windows yang seringkali hang atau kena virus komputer. Pun ingin berhijrah, dengan menggunakan perangkat lunak yang legal, tidak melanggar hukum. Beragam distribusi GNU/Linux pernah kucoba, mulai MandrakeLinux, RedHat hingga Debian. Akhir tahun 2005, karena rayuan seorang teman, akhirnya kumencoba Mac OS X. Ternyata, I never look back and stick with it. Mengapa?
Bisa jadi karena GUI-nya yang intuitif dan simpel. Sangat asyik memakainya. Alasan ini mungkin hampir sama dengan switcher (pemigran ke Mac OS X) lainnya. Hampir tidak adanya virus dan trojan yang mengganggu sistem operasi ini juga menjadi alasanku. Banyak orang yang menganggap bahwa ketiadaan virus dan trojan pada Mac OS X adalah karena sistem operasi ini tidak terkenal seperti MS Windows. Asumsi ini salah karena Mac OS X berbeda dengan MS Windows dalam desain perangkat lunak. Mac OS X merupakan salah satu varian FreeBSD, turunan dari UNIX. Sistem operasi UNIX didesain sebagai sistem operasi multi user dan multi tasking, tidak monolithic seperti MS Windows. Walhasil, kalaupun ada virus yang berhasil masuk via protokol HTTP, ia tidak akan bisa merusak sistem operasi yang dijalankan oleh kernel, karena virus tersebut tidak memiliki otoritas untuk mengubah apapun.

Yang paling asyik bagiku dari Mac OS X adalah ketersediaan perangkat lunak open source untuk digunakan di dalamnnya. Karena Mac OS X adalah varian dari FreeBSD, cara penggunaan serta modifikasinya pun tidak berbeda jauh dengan Debian GNU/Linux yang biasa kugunakan. Perangkat lunak open source yang ada dapat digunakan untuk memaksimalkan sistem Mac OS X atau juga memperbaikinya, misalnya tombol kibor yang tidak berfungsi.

Tiga hari yang lalu aku menemukan bahwa ada yang salah dengan satu tombol yaitu tombol } (right curley bracket). Tombol } ini sangat penting bagiku, karena diperlukan dalam pemrograman. Semula aku menduga bahwa ini berkaitan dengan shortcut, ternyata bukan. Setelah googling akhirnya kutemukan sebuah perangkat lunak KeyRemap4MacBook yang berguna untuk mengubah tombol tertentu menjadi tombol lainnya. Namun ternyata, dalam program standarnya, fungsi untuk merubah tombol lain menjadi tombol } tidak ada. Karena perangkat lunaknya ini bersifat open source, akhirnya kucoba untuk melakukan edit dan kompilasi ulang. Setelah coba-coba selama satu hari, akhirnya selesai juga permasalahan tombol } ini. Aku berhasil menambahkan sebuah fungsi dalam perangkat lunak KeyRemap4MacBook untuk kasus yang kualami. Caranya? Akan kutuliskan lain kali, kala sempat.

Modified KeyRemap4MacBook

7 responses to “Asyiknya Pake Mac

  1. open source ato ga sih? maklum pengennya gratisan.

  2. Mas Kishandono, sistem operasi Mac OS X gak open source, berbayar. Tapi karena NIX-based, banyak program yang open source, sama seperti GNU/Linux. Kalo beli mesinnya, sudah included DVD Mac OS X. Berbeda dengan beli mesin MS Windows.

  3. hhhmm begitu ternyata mac os.. thanks infonya .. mungkin kalo punya komputer saya mau pake linux dulu deh..
    hehe..

  4. Jadi belon di serpis juga?😀

  5. Sama ga dengan Komputer Macintosh?

  6. @Genx: Macintosh is Mac😀

  7. Salam Kenal…
    Posting yang sangat memberikan wawasan baru tentang alternatif OS buat saya, thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s