Budak Hape

Hape alias telepon genggam saat ini telah merubah kecepatan informasi. Dulu, waktu jaman Majapahit seperti yang kita tonton di sinetron, untuk menyampaikan kabar kepada orang lain diperlukan kurir. Otomatis waktu sampainya informasi akan sangat tergantung pada kecepatan moda yang digunakannya. Bisa hanya (sekali lagi, hanya) beberapa jam atau hingga berminggu-minggu. Kini, dengan hape kabar itu bisa melesat hingga dalam hitungan detik saja. Hanya saja, hape yang awalnya dibuat sebagai alat bantu alias budak bagi manusia sekarang malah berevolusi menjadi seorang tuan, seorang raja. Siapa budaknya?

Ya, kita-kita ini, kalau…

  • Kita asyik ber-SMS kala rapat atau seminar
  • Kita membalas SMS atau telepon saat sedang mengajar (bagi mereka yang berprofesi sebagai guru atau dosen)
  • Bertelepon ria dengan tangan kiri, sedangkan tangan kanan sibuk mengatur setir mobil
  • Masih sempat menulis SMS ketika mengendarai sepeda motor

Apa sih susahnya mengabaikan pesan atau panggilan yang masuk di saat-saat penting tadi? Dulu, waktu berhari-hari menunggu kabar balik dari orang yang kita cintai adalah saat-saat yang begitu indah, mendebarkan. Kini, menunggu barang sekian menit atau jam saja kok tidak bisa ya? Hape yang fungsi awalnya adalah untuk mempermudah, memperlancar komunikasi, malah menjadi alat yang menjerat kita. Menjadikan kita sebagai budaknya.

24 responses to “Budak Hape

  1. setuju banget boss!!

    Suka

  2. HP memang sudah mempengaruhi hidup masyarakat.

    Ada satu lagi yang kelewat dari 4 poin di atas, waktu shalat Jumát disalah satu masjid Perguruan Tinggi milik cendikiawan muslim , saat khatib khutbah malah banyak yang asyik sms-an. kliatannya malah bukan mahasiswa tuh, tapi dosen.
    Padahal itu bikin shalat jum’atnya ga syah, kalo ga salah.

    Memang yang serem sih pengendara mobil at motor. Bisa bikin celaka orang lain. Lets safety ride and drive

    Suka

  3. Jaman dulu, kita kemana-mana ga bawa hape asik-asik aja ya. Sekarang… kaya ada yg ilang gitu! Emang kita sudah diperbudak hape, bisa lupa sama semuanya. Yg asik sms, nelpon murah sampe gratis sampe doweeeerrr. Dulu gak ada biaya hape/pulsa, sekarang isi kocek jadi kebutuhan buat beli hape baru/pulsa 😦

    Suka

  4. bagi gue hape itu sebatas utk nelpon doang…heran gw ngeliat org sampe punya 3 hape!! Buat apaan aja sehhh??

    Suka

  5. Kalau soal HP, baca (nikmati) kartunya Benny dan Mice. Kalau ngak mau beli bisa numpang baca di-gramedia.
    Salam

    Suka

  6. Yup emang benar apa yang anda tulis. trkadang lilis diperbudak hp. Dengar nada sms pengenx buru2 bls sms, denger nada telpon pengen buru2 angkat. Itu smua di lakukan coz lilis ga pengen membuat kecewa orang2 yg udah kirim sms or telpon. Meski sadar hal tsb tdk baik tapi susah untuk mengendalikannya. Makanya klo pas kerja lilis sering menon aktifkan hp agar ga diperbudaknya.

    Suka

  7. itu bagi yang rela dan sudi menjadi budaknya… saya enggak !! 😀 walahhhhhhhh………..

    Suka

  8. @astrajingga: itu masih mending. kemaren, pas solat magrib, di mesjid kayu juga, imam udah baca surat ada mahasiswa nerima tilpun, pas di samping saya. Udah biasanya gak khusyu dengerin imam, tambah gak khusyu dah. Busyet, takut amat ya ama yang nilpun

    Suka

  9. gara2 hp,banyak anak abg jaman sekarang yang jadi gelap mata…demi hp tipe baru para abg itu mau bayar dengan kegadisan nya…ini lah salah satu contoh budak hp……

    Suka

  10. jangan biarkan hp yang memperbudak kita. mari kita perbudak hp. contohnya saya. dari dulu hingga kini budak saya (hp saya) masih nokia 2280, jadul banget nggak tuh… 🙂

    Suka

  11. agree, jaman kiwari mah banyak ‘budak hp’ , ‘budak internet’ ( like me…heheee..but nyari peluang dongg spt di http://www.geniusnetpreneur.com..sah sah aja yaa namun kudu tahu waktu dan waspada..ada juga ;budak bolamania’…’budak playstation’..dlsbnya…aku mau jadi ‘budak sejahtera-makmur’..maka ku join di http://www.geniusnetworker.co.cc ….

    Suka

  12. Yup bener sekali budak jadi tuan ,hp di kalangan Remaja berganti posisi budak jadi tuan.namun mungkin beberapa gelintir yg ingat akan posisi hp,kuncinya ada di benak anda semua, hp mau memperbudak /sekedar budak ? Klo aku sih hp tetep kurir informasi .

    Suka

  13. wakakakak…..bukan hanya hape men, semua tehnologi modern disembah. katanya mati aku gak bisa kerja tanpa internet, tanpa komputer dll. bla bla bla….biasa di rumah biik ambilin air, ambilin ini itu. matilah akal, hati dan nuraninya. telah diperbudak hawa nafsu.

    Suka

  14. Hehehehehe setuju……..tapi ingat di kontrol ya………Budaknya……..btw bagian dari realita kehidupan sosialita yang sok-sok an……..nah kayaknya orang-orang pada ngikutin tuch…

    Suka

  15. Muhammad Raihan Syarif

    mari jadikan Hape untuk Bisnis

    Suka

  16. heheh budak Hp? no way…Hp gue dah gue banting..dari pada bikin pusing..:dmending gini aja enjoy dah…

    Suka

  17. Gt aja kok repot??? Klo g mo pada ngerasa diperpudak hape, ngapain juga masih pada beli hape?????

    Suka

  18. Ya nihhh…baru nyadar klo selama ini aq jg diperbudak hape….sms sambil ngendarai motor tuch…aq bangettt!!! di lampu merah sambil sms an…maksudnya sihhh…biar ga terasa lama nunggu ijonya…..tp klo di kantor Hp aq silent koq biar nda ganggu konsentrasi kerja….tapi tetep aja nyuri2 liat ada sms nda ada panggilan nda…hehehhe….huaaaaaaaaa ribetttt….

    Suka

  19. Halah kmrn pas sholat subuh di mesjid ada udah sholat hpnya bunyi eh ngambil hp liat sapa yg nelpon abis itu trus mulai sholat lg

    Suka

  20. Tau ne…manusia jaman sekarang uda ga bisa jauh dari hp..siapa,dimana,n kapan aj pasti ada hape!bahkan anak2 sd aj sekarang da punya hape tipe terbaru yang bisa bikin mereka dengan santainya nyetel vidoe “PANAS”..

    Suka

  21. hehehe.. serem juga kalo sms atau telpon sambil momotoran..
    ngga deh ah mendingan minggir dulu..

    Suka

  22. saya kadang menerima telpon 2 sekaligus..
    untungnya ga sambil nyetir 😀

    Suka

Tinggalkan komentar