Mahasiswa luar biasa

Menurut Anda, kapankah seorang mahasiswa itu disebut luar biasa? Apakah ketika ia terpilih sebagai mahasiswa terbaik dengan nilai Indeks Prestasi maksimum alias empat koma nol? Atau ketika ia diangkat sebagai ketua mahasiswa di kampusnya? Atau dianggap luar biasa kalau menjadi wakil Indonesia di Olimpiade Sains? Menurut saya, itu luar biasa, tetapi tidak se-luar biasa itu. Prestasi-prestasi tersebut bisa diraih dengan latihan dan kerja keras. Seperti kata Bung Dedy Mizwar, “Doa kita sama tapi apa yang bikin saya jago main karambol? Saya latihan tiap hari“. Yang saya sebut mahasiswa luar biasa itu adalah jika ada karakter seperti berikut.

  • Ia kuliah untuk mencari ilmu bukan nilai. Di jaman instan seperti sekarang, mayoritas mahasiswa hanya belajar sebatas apa yang diberikan oleh sang dosen. Kalau beliau memberikan 20 halaman teori, ya hanya sebegitulah yang dihapalkan. Kalau dosen selalu rutin memberikan ujian dengan tipe-tipe yang itu-itu lagi, mahasiswa biasa hanya akan belajar dari fotokopi soal-soal terdahulu. Mahasiswa luar biasa pasti akan mencari tambahan pengetahuan, entah dari internet, buku di perpustakaan. Dan ia tidak akan kecewa jika nilai ujiannya jeblok selagi ia mengerti apa yang ada di dalam mata kuliah tersebut.
  • Ia memilih yang tidak biasa dipilih. Kebanyakan mahasiswa jaman kiwari, cenderung memilih topik penelitian yang mudah dan menjaminnya cepat lulus. Mahasiswa luar biasa berani memilih sesuatu yang dianggap oleh mahasiswa biasa sebagai harakiri, bunuh diri. Entah itu topiknya yang njelimet atau profesor pembimbingnya yang eksentrik.
  • Ia tak peduli akan hitung-hitungan jarak, waktu atau biaya untuk menggapai ilmu yang diinginkan. Ulama-ulama Islam terdahulu, menempuh jarak yang amat jauh hanya untuk belajar satu hadis atau satu ilmu dari gurunya. Mereka juga rela mengabdi kepada sang guru, seperih apapun.

Adakah mahasiswa seperti itu? Ada. Dia lah yang menginspirasikan saya untuk membuat tulisan ini. Tiga hari yang lalu, saya menerima sebuah email dari seorang mahasiswa perempuan yang kuliah di ITS. Ia ingin belajar tentang GRASS, sebuah perangkat lunak yang amat sangat tidak biasa untuk dipelajari. Dua hari yang lalu, ia mengirim email bahwa akan datang ke Bandung tanggal 19 September. Hah? Saya kaget. Niat banget nih anak. Barusan, saya  bertemu dengannya dan katanya ia akan tinggal di Bandung hingga tanggal 24 September. Wah, saya salut sekali atas niat dan usahanya untuk belajar GRASS. Bayangkan, di saat akhir Ramadhan begini kan tiket perjalanan sulit sekali didapat. Katanya, ia akan pulang ke Surabaya menggunakan kereta api dengan tiket berdiri. Saya geleng-geleng kepala. Kok masih ada ya orang aneh seperti dia?😀 Luar biasa.

6 responses to “Mahasiswa luar biasa

  1. de jalmi, eta teh mahasiswa anu rrruuuuuaaaaaaaaaaaaar biasa teh.salam dari orang ujung berung.

  2. wa’alaikum salam kang saoqi. jangan2 ini kang abu syauqi ya?😀

  3. Wahhh…meunang apprentice yeuh😛

  4. salut untuk mahasiswa itu. kebayang naek kereta bandung-surabaya dengan berdiri !

  5. waw…

    maantapp tuh perjuangannya..
    hmmm..

  6. saloet lah!

    banyak sih. orang yang berani. cewek yang pemberani. tapi biasanya cuma berani buat menunjukkan diri beda dengan cara mendobrak sesuatu yang sudah ada. meski yang didobrak itu notabene adalah pintu nyaris tanpa cacat yang bagoes sekali.

    jarang ada yang pemberani karena ia emang pemberani. yang kuat bertekad karena keyakinan klo itu emang penting buat dilakuin.

    hm …

    inspirational.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s