Siap kecewa

Minggu kemarin adalah salah satu minggu terberat bagiku. Hari Senin sore sudah berangkat ke Bogor, esok paginya ke Jakarta mengikuti pelatihan tentang bagaimana membuat Model Elevasi Digital dari Citra ALOS PRISM. Rabu sore meluncur kembali ke Bandung, persiapan ujian CPNS ITB yang dimulai hari Kamis hingga Sabtu. Bukan saja lelah fisik tetapi juga otak.

Ujian telah selesai. Sekarang yang bisa kulakukan hanya berharap dan berdoa bahwa yang terbaik lah yang lolos. Ya, enam orang di antara kami bersaing untuk satu formasi. Hanya satu orang pada tanggal 14 November nanti yang akan diterima. Satu orang itu akan senang dan bersyukur. Sisanya? Bersiap untuk kecewa. Pesimis? Bukan. Hanya dengan sikap siap kecewa lah kita dapat menghadapi hidup.

Siap kecewa merupakan sebuah sikap yang sulit. Mau contoh? Lihat saja para elite politik itu. Atau juga para pelatih sepak bola itu. Ketika kalah, yang disalahkan adalah orang lain. KPU lah, wasit lah. Andai saja mereka siap untuk kecewa, mungkin dunia akan lebih damai. Tidak akan ada berita buruk di media.

Kalau saja yang kalah itu siap kecewa, Indonesia sekarang sudah jauh lebih maju. Kalah pemilu sekarang berarti siap untuk membantu mereka yang menang. Bukannya menggali kesalahan dan mengungkapnya ke publik untuk menjatuhkan. Dekat pemilu, ya boleh lah untuk coba menang lagi.

Kalau saja yang kalah main bola itu siap kecewa, tidak akan ada perusakan. Tidak ada anarki. Sepak bola akan menjadi hiburan. Ia juga akan bisa menjadi komoditas. Mereka yang berbakat bisa menjadikannya sebagai profesi, sebagai tempat mendulang harta. Tidak seperti sekarang.

3 responses to “Siap kecewa

  1. tampaknya masih selalu banyak hal yang harus kita pelajari..

  2. siap kecewa kayaknya lebih bagus daraipada siap menang, bro..
    btw.. semoga sukses testnya.

  3. Bismillah…..

    Di Indonesa ini, ketauan kalah atau belon ajah udah ngamuk-ngamuk, apalagi klo kalah beneran?….sigh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s