Kecil tapi besar

Saya ingin berbagi tentang hal kecil tapi besar. Kok bisa? Ya, kecil atau sepele menurut kebanyakan orang, tetapi sebenarnya ia adalah sesuatu yang besar. Remeh tapi bermanfaat. Hal-hal yang dianggap kecil ini jika dilakukan secara rutin, terus-menerus pasti memberikan faedah bagi kita. Apa itu? Doa. Ah, tiap hari pun kita berdoa. Ini berbeda Bung!

Sama sih sebenarnya. Sama-sama doanya. Bedanya adalah kebanyakan dari kita (yang muslim) hanya berdoa setelah shalat saja. Benar apa iya? Doa-doa untuk rutinitas kita sehari-hari, seperti ketika akan keluar-masuk kamar mandi, hendak makan dan sebagainya, mungkin sudah kita lupakan. Kalau pun tidak lupa, tidak kita amalkan. Padahal manfaatnya begitu besar, setidaknya itu yang saya rasakan.

Mau contoh? Misalnya, doa ketika bangun tidur. Alhamdulillahi ladzii ahyana ba’da maa amaatana wa ilaihin nusuur. Do’a ini amat mujarab ketika kita susah untuk bangun. Juga do’a naik kendaraan yang akan membuat kita aman berkendara.
بِسْمِ اللهِ الْحَمْدُ لِلهِ سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ، الْحَمْدُ لِلهِ الْحَمْدُ لِلهِ الْحَمْدُ لِلهِ، اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ، سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي فَاغْفِرْلِي فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Yang terakhir, adalah doa memohon perlindungan dari kejahatan segala makhluk. Ini sudah saya buktikan sendiri. Dengan syariat do’a ini, saya selamat dari perampokan. Do’a inilah yang selalu diingatkan oleh ibu, dan tidak pernah saya lupa. Do’a nya simpel saja, Audzu bikalimatillaahi tammati min syarri ma khalaq, “aku berlindung dengan nama Allah yang Mulia dari semua kejahatan makhluk”. Tidak percaya? Buktikan saja sendiri😀 .

3 responses to “Kecil tapi besar

  1. Yachh. kadang-kadang kalau udah selesai sholat langsung ngacir.. jadi do’anya ketinggalan… itulah gimana cara merubahnya ya..

  2. Mas Prim, kita punya masalah yang sama ..😀

  3. eMmM…..

    DOa paLinG maNjuR NtU kPn iAaa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s