cURL

Anda sering mengunduh berkas dari internet? Seberapa sering Anda merasa kesal karena proses pengunduhan terhenti karena koneksi internet terputus? Kalau sudah kejadian seperti ini tidak ada cara lain selain mengulangi proses dari awal lagi. Dengan cURL, Anda tidak perlu khawatir lagi. Bagaimana caranya, Oom?

cURL (client for URL) merupakan sebuah program sederhana tapi ampuh untuk urusan mengunggah dan mengunduh berkas dari internet. Program ini mendukung banyak protokol internet seperti HTTP, HTTPS, FTP, FTPS, SCP, SFTP, TFTP, LDAP, LDAPS, DICT, TELNET. Fitur dan kemampuan lainnya bisa dijelajah di sini . Ada satu hal yang menjadikannya lebih unggul dibandingkan program lainnya (Speed Download, Download Manager dsb.), yaitu program ini merupakan program free dan open source. Anda tidak perlu membeli (atau membajak) untuk menggunakannya.

Kelemahan program ini, ia hanya dapat digunakan dengan mengetikkan baris perintah (Command Line). Repot dong? Tak perlu repot, cukup salin dan tempel (cut and paste) baris perintah dengan pola seperti berikut :

curl alamat_download -C – -O nama_file

Sebagai contoh, jika ingin mengunduh berkas R :

curl http://cran.md.tsukuba.ac.jp/bin/macosx/R-2.9.0.dmg -C – -O R.dmg

Contoh di atas adalah untuk berkas yang diunduh lewat protokol HTTP. Untuk mengunduh via FTP secara anonim, gunakan baris perintah seperti berikut :

curl ftp://ftp.eorc.jaxa.jp/pub/ALOS/ftp/KC50/jawa/FY_2008/PNG/ALPSR-ASD-ORM_JAWA200808FBD343RGB0A03_001_IMG.png --user anonymous:firman@crs.itb.ac.id -C – -O ALPSR-ASD-ORM_JAWA200808FBD343RGB0A03_001_IMG.png

Cukup mudah bukan? Bagaimana jika hendak menggunakan protokol lainnya? Ah, silakan saja buka halaman situs http://curl.haxx.se/ .

3 responses to “cURL

  1. Waduh rumit menurut lilis

  2. mbak lis, rumit sedikit tak apa lah… yg penting tujuan tercapai ..πŸ˜€

  3. Patut dicoba..πŸ™‚
    Apa semudah menggunakan downloadmanager ga?
    Thanks infonya
    Salam Kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s