Vote for me, please

Rekan-rekan, saudara-saudara sebangsa dan setanah air,

Ini bukan pidato dari seorang calon presiden. Calon kepala desa pun bukan. Tulisan ini hanyalah sebuah permohonan, jikalau rekan-rekan sempat di sela-sela kesibukan bekerja atau mencuri-curi ketik ketika getol ber-facebook-ria.

Beberapa waktu lalu saya sempat corat-coret, sedikit beraturan, untuk membuat tulisan tentang pentingnya Akses Terbuka Pustaka Spektral untuk Klasifikasi Tata Guna Lahan. Pustaka Spektral ini dibangun dengan menggunakan perangkat lunak Open Source. Tulisan tersebut dibuat untuk Konferensi FOSS4G yang akan diadakan 20 – 23 Oktober 2009 di Sydney, Ostrali.

Pustaka Spektral itu adalah sebuah pustaka yang dibangun dari karakteristik obyek-obyek tertentu di permukaan bumi dalam memantulkan panjang gelombang elektromagnetik tertentu. Biasanya, untuk membangun pustaka spektral ini, digunakan sebuah alat yang namanya spektro-radiometer. Sebagai contoh, kalau tumbuhan, karena di dalamnya ada klorofil, maka ia akan lebih banyak memantulkan panjang gelombang Near Infra Red (0,79 – 0,90 mikron). Berbeda lagi dengan air, jika panjang gelombang semakin besar, maka gelombang tersebut akan diserap oleh air.

Apa sih manfaat pustaka spektral? Dengan pustaka spektral, kita seperti memiliki kunci identifikasi, sehingga proses klasifikasi obyek di permukaan bumi akan lebih akurat. Mengapa harus open access ? Karena tidak semua orang atau institusi memiliki kemampuan atau kesempatan untuk membangun pustaka spektral. Dengan adanya sebuah pustaka spektral yang bisa diakses bebas (open access spectral library), akan ada banyak orang atau instansi yang terbantu. Pustaka spektral yang diunduh dapat digunakan langsung dan juga akan mengurangi biaya pengambilan titik cuplikan di lapangan.

Lalu mengapa saya mengharapkan dukungan Anda? Pertama, karena hanya dua orang dari Indonesia yang sempat menulis dan berniat untuk hadir di acara tersebut. Kedua, pihak panitia menerima lebih dari 180 makalah dan hanya akan menampilkan 96 di antaranya sehingga mereka membuat semacam sayembara. Ketiga, tulisan dan presentasi saya di sana mudah-mudahan dapat menjadi jalan agar akselerasi penggunaan perangkat lunak Open Source di bidang Remote Sensing dan GIS akan lebih baik lagi. Dan yang terakhir, mudah-mudahan dengan tulisan ini rekan-rekan akan mengasihani saya😀 .

Okey-okey, jika saudara sudah bosan dengan basa-basi saya, silakan kunjungi alamat berikut Vote for Abstract , daftar terlebih dahulu, kemudian pilih di halaman 3 tulisan saya (Firman Hadi) yang berjudul Open Access Spectral Library.

Terima kasih.
Firman Hadi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s