Tips bagi para pencari jurnal

Jurnal atau literatur ilmiah merupakan salah satu kunci suksesnya sebuah tugas akhir, baik bagi mahasiswa tingkat sarjana ataupun pascasarjana. Bila si penguji melihat daftar pustaka yang berderet hingga puluhan atau bahkan ratusan (walaupun si penulis tidak memahaminya dengan baik), kemungkinan besar tidak akan ada pertanyaan yang menjatuhkan. Sebaliknya jika hanya sedikit, pasti si penulis akan dianggap tidak serius dalam melakukan penelitian. Tambah cilaka lagi,  jika daftar pustaka yang dituliskan sebagian besarnya adalah buku referensi bukan jurnal tahun terkini. Nah, pagi ini saya menemukan sebuah tips yang mungkin bermanfaat bagi Anda para pencari jurnal, setidaknya itulah yang saya rasakan.

Bagi mereka yang beruntung kuliah di ITB atau beberapa universitas negeri lainnya dengan akses jurnal internasional, mencari referensi terkini bukanlah hal yang sulit. Cukup terhubung ke internet, kemudian berselancar di Google Scholar atau Google Cendekia, mengetikkan beberapa kata kunci dan klik Enter, akan muncul banyak tautan ke jurnal yang diinginkan dan dapat diunduh dalam format PDF. Nah, bagi mereka yang (sedang) tidak beruntung atau mengakses internet dari rumah, ternyata juga masih dapat mengakses dan mengunduh jurnal tersebut. Coba perhatikan gambar berikut.

Pada gambar tersebut, jika kita meng-klik tautan yang ada di sebelah kiri, kita akan terhubung ke sumber referensi, entah itu ScienceDirect, Elsevier atau penyedia referensi berbayar lainnya. Jika kita (lagi-lagi) sedang beruntung, jurnal atau referensi yang kita inginkan itu juga memiliki tautan lainnya di sebelah kanan. Entah bagaimana laba-laba (spider) Google menemukannya, tetapi kita dapat mengunduh tautan tersebut. Tidak percaya? Silakan coba sendiri ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s