Pantaskah?

Hari ini saya membaca sebuah lowongan pekerjaan di salah satu milis bahasa pemrograman di Indonesia. Lazimnya sebuah iklan lowongan pekerjaan, di dalamnya ada posisi, deskripsi pekerjaan dan persyaratan apa saja yang harus dimiliki oleh calon pelamar. Bagi saya, iklan seperti ini di milis amat bermanfaat, bagi mereka yang mencari pekerjaan dan juga bagi yang memiliki perusahaan sejenis [ bisa curi-curi ide :D].

Yang membuat saya risih atau merasa aneh adalah balasan dari iklan lowongan tersebut yang tanpa basa-basi menanyakan kisaran gaji. Spontan saya berpikir bahwa yang bertanya adalah orang yang baru lulus, masih muda. Ditambah lagi dengan tulisannya, one liner, satu baris saja, tanpa menyebutkan siapa nama lengkapnya. Bukan satu dua kali saya membaca hal ini. Pada kasus lain, ada beberapa orang yang menanyakan hal yang sama. Untungnya si pembuka lowongan adalah orang yang bijak😛.

Pantaskah kita membalas iklan lowongan dengan cara demikian? Kalau saya sebagai si empunya lowongan, maka saya akan catat alamat emailnya, saya lacak IP-nya. Bila si pembalas email tersebut melamar, maka sudah pasti tidak akan saya panggil. Mengapa? Bagi saya dia tidak tahu cara atau etika yang baik dalam berkomunikasi. Kalau memang dia tertarik dengan pekerjaan tersebut, ya lamar lah. Kalaupun tidak tertarik banget, bisa juga coba-coba bertanya dengan baik-baik melalui email resmi dari kantor yang membuka lowongan. Bukan dengan bertanya tanpa basa-basi di jalur umum. Jadi? Waspadalah-waspadalah …

Tinggalkan Balasan

